4 Hal yang Wajib Diketahui Bos Startup Saat Rekrut Karyawan


Published 24 Feb 2019 6:00

TheNextDev.id – Impian mendirikan startup adalah menjadikanya sebagai perusahaan besar dengan ratusan, atau bahkan ribuan karyawan yang menjalankannya. Tentu saja, hal ini nggak bisa langsung dicapai karena kamu harus memulainya dari nol, dengan tim yang bisa dihitung dengan jari.

Untuk menuju impian tersebut, kamu harus punya orang-orang terbaik untuk mengisi posisi-posisi di perusahaanmu, sekaligus menjalankan kewajibannya. Karena itu, sangat penting buat para founder saat merekrut karyawan.

Buat kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk menambah personel dalam startup, ketahui empat hal penting ini supaya nggak salah pilih.

Nggak Hanya Kejar Rejeki Tapi Juga Suka Tantangan

Startup adalah perusahaan yang dimulai dari awal dengan tujuan mampu menjadi besar dan memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Kamu nggak butuh orang yang hanya datang untuk cari rezeki. Lebih dari itu, pilihlah karyawan yang benar-benar suka dengan tantangan. Punya kepuasan batin ketika sukses membesarkan sesuatu dari nol hingga dikenal banyak orang.

Punya Tanggung Jawab Tinggi

Ketika kamu belum punya modal untuk menyewa kantor, pastinya segala pekerjaan startup harus diselesaikan di tempat seadanya. Bahkan di kamar kos yang sempit sekali pun, atau bekerja secara remote dari rumah masing-masing.

Untuk itu, pastikan karyawanmu memiliki moral dan passion yang tinggi dalam bekerja di startup. Karena kerja satu tim dilakukan di tempat terpisah, rasa tanggung jawab yang tinggi bakal menentukan kesuksesan. Kru yang baik bakal bekerja sesuai target meskipun tanpa adanya pengawasan.

Startup Kerja Keras, Tapi Jangan Lupa Kasih Libur

Startup memang selalu identik dengan kerja keras tanpa kenal lelah. Tapi bagaimanapun, orang-orang di dalamnya adalah manusia. Bukan robot yang bisa melek 48 jam, bahkan tanpa ngopi. Tanamkan kebiasaan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kewajiban kerja. Boleh-boleh saja kerja keras untuk bangun startup, tapi pastikan mereka juga memiliki waktu luang untuk melakukan hal lain yang mereka senangi agar produktivitas tetap terjaga.

Startup adalah Tempat Terbaik untuk Menggali Potensi

Sebagai founder, kamu juga harus bisa menjadi guru yang baik bagi setiap karyawanmu. Berikan pemahaman kepada mereka tentang betapa pentingnya arti kerja sama dalam mengembangkan bisnis yang dimulai dari nol, di mana setiap potensi yang dimiliki akan sangat berarti untuk mewujudkan impian tim startup.

Dengan karyawan-karyawan yang punya keinginan untuk maju dan berkembang, sebuah startupakan lebih mudah menggapai impian mereka. Jadi, jangan sampai salah pilih dalam memilih kru dalam tim yang kamu pimpin. Pastikan punya orang-orang terbaik untuk ditempatkan di dalam perusahaanmu.