Cara Jitu Bikin Startup-mu Mampu Bersaing dengan Cepat di Pasar Indonesia


Published 27 Feb 2019 6:57

TheNextDev.id – Sebagai negara berkembang, pertumbuhan startup di Indonesia memang nggak sehebat Amerika atau Eropa. Tapi bisa dipastikan bahwa ada banyak jumlah anak muda negeri ini yang berani menembus zona nyaman untuk menjadi entrepreneur.

Pasar startup di Indonesia tentunya beda dengan pasar luar negeri. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan supaya startup kamu mampu bicara banyak dan menarik minat masyarakat luas.

Berbagi Data dan Informasi

Kalau startup kamu berfokus pada analisa data, sebaiknya jangan cuma dipakai sendiri saja. Bangun relasi dan promosi dengan berbagi data serta informasi kepada media.

Sering Kunjungi Forum Online

Bisa dibilang, orang Indonesia itu nggak hanya senang ngobrol di warung kopi. Mereka juga selalu punya waktu untuk berbagi ide dan cerita di forum-forum online, seperti Kaskus. Jadi jangan lupa untuk menjadi member forum online supaya nggak ketinggalan inspirasi dari masyarakat luas.

Bikin Video Promo yang Mudah Dicerna Masyarakat

Sering kali masyarakat merasa malas untuk mendengarkan presentasi secara lisan. Karena itu nggak ada salahnya mencoba menawarkan jasa startup kamu secara visual, yaitu dengan membuat video promo. Perhatikan saat bikin video promo, yaitu mudah dipahami oleh konsumen.

Pilih Media Pemasaran yang Tepat

Indonesia memang punya banyak pengguna internet aktif. Ketahui,  di mana keberadaan mereka. Kalau targetmu adalah generasi milenial dan anak muda, situs-situs lucu yang menyajikan meme, komik, atau video klip merupakan tempat yang tepat untuk berpromosi.

Tarik Minat dengan Hadiah

Siapa sih yang nggak doyan promo? Memberikan potongan harga atau hadiah gratis hingga saat ini merupakan cara terbaik untuk menggaet konsumen. Metode ini sudah dilakukan oleh Go-Jek dan Grab, dan faktanya memang bisa menghasilkan brand awareness yang sangat baik di mata masyarakat.

Jangan Ragu Ikutan Pitching

The NextDev merupakan satu dari banyak program akselerasi startup yang ada di Indonesia. Kalau perusahaanmu masih tahap early stage, sangat disarankan untuk mengikuti kompetisi pitching. Bukan cuma bertujuan untuk menang. Ilmu-ilmu yang diberikan oleh mentor dan dewan juri bakal sangat berguna untuk mengembangkan startup milikmu.

Endorse Produk Lewat Public Figure

Saat ini, menggunakan jasa selebriti atau figur publik adalah cara yang tepat untuk meningkatkan perhatian masyarakat terhadap produk startup. Pilihan terbaik adalah artis atau selebriti yang sedang naik daun sehingga dikenal banyak masyarakat.