Penuh Tantangan, Inilah Cara Efektif Jalankan Startup Bootstraping


Published 25 Feb 2019 6:58

TheNextDev.id – Nggak selamanya startup harus bergantung pada investor. Ketika idealisme kamu harus diutamakan demi mencapai target yang diinginkan, satu-satunya cara adalah membangun perusahaan dengan dana yang ada di kantong sendiri, tanpa bantuan orang lain.

Keuntungannya, tentu saja kamu bisa menjalankan startup sesuai dengan yang diinginkan. Semua ide yang ada bisa dieksekusi secara tepat dan maksimal. Tapi di sisi lain, berjalan sendiri tanpa ada bantuan orang yang lebih senior itu penuh tantangan. Berikut adalah tips jalankan startup secara bootstrapping.

Jangan Sungkan Bertanya ke Yang Lebih Berpengalaman

Hampir semua founder startup adalah orang-orang yang gemar berbagi ilmu. Merasakan beratnya membangun perusahaan membuat mereka tahu betapa pentingnya mendorong mereka yang punya mimpi seperti mereka di masa lalu. Jadi nggak usah sungkan menjalin relasi dengan pelaku-pelaku startup yang sudah pengalaman.

Kencangkan Ikat Pinggang

Namanya juga tanpa investor, berarti dana yang kamu miliki sangatlah terbatas. Tapi nggak usah khawatir kalau internet menyediakan semua yang kamu butuhkan. Mulai dari mencari inspirasi tambahan lewat video-video YouTube, penyimpanan data di cloud, atau memakai tool gratis secara online. Selain itu, meski berposisi sebagai founder, sebaiknya jangan ambil gaji terlalu tinggi saat startup masih dalam tahap early stage.

Saling Melengkapi

Startup yang sukses adalah yang memiliki tim kompak serta loyal. Membangun startup bisa dilakukan bersama teman dekat dengan kemampuan yang nggak kamu miliki. Dengan begitu masing-masing individu dalam satu tim akan saling melengkapi satu sama lainnya.

Profit Oriented

Mengembangkan sebuah startup tentu butuh dana yang sangat besar. Karena itu, letakkan business plan dengan orientasi mendapatkan keuntungan sebesar dan secepat mungkin pada urutan pertama. Pemasukan tersebut bisa dimanfaatkan kembali untuk menunjang produksi startup. Ingat, jangan sampai terjadi ‘besar pasak daripada tiang’.

Atur Keuangan dengan Baik

Pastikan startup kamu punya rekening tersendiri sehingga arus keuangan berjalan sesuai dengan keinginan. Lagi pula saat ini ada banyak aplikasi atau software pencatat keuangan yang bisa digunakan secara gratis, kan?

Segera Amankan Domain Situs Idaman

Sama seperti tanah, website punya harga yang terus bergerak naik. Supaya nggak kehilangan momen mendapatkan nama domain incaran, segera beli ketika harganya nggak begitu mahal. Tapi pastikan nama tersebut benar-benar mewakili startup serta memiliki nilai jual.

Pengorbanan

Pahami bahwa membesarkan startup bootstrapping itu penuh pengorbanan. Bakal ada waktu yang terbuang hanya untuk bisnis kamu. Jadi nggak usah menoleh ke belakang. Teruslah maju ke depan dan berusaha semaksimal mungkin untuk membesarkan perusahaanmu, bahkan ketika hal tersebut harus membuatmu numpang tidur di rumah orang lain, terjaga semalam suntuk, serta rela mengerjakan dan menjadi apa saja di dalam startup, dari founder, resepsionis, bahkan cleaning service.

Sulit? Memang. Tapi nggak ada kata mustahil untuk mereka yang berani menghadapi tantangan. Asalkan semua tim memiliki mimpi yang sama, serta punya keuletan untuk bekerja membangun startup, kesuksean akan datang di waktu yang tepat.