DapurTani dan Blod.id, Startup Jadi Jawara The NextDev Talent Scouting Makassar


Published 28 Agu 2019 7:11

Di dalam perjalanan roadshow The NextDev Talent Scouting di kota-kota besar di seluruh Indonesia, Telkomsel menemukan startup-startup menarik di Kota Makassar. Makassar merupakan kota keempat dari sembilan kota diselenggarakannya The NextDev Talent Scouting setelah Jakarta, Denpasar, dan Palembang. Kehadiran The NextDev di kota-kota di seluruh Indonesia sekaligus menjadi komitmen Telkomsel untuk mewadahi startup-startup yang milik anak-anak muda di seluruh penjuru negeri.

“Kami ingin membukakan akses dan mendorong munculnya karya dari startup yang digawangi anak muda. Tidak hanya di wilayah pusat, tetapi juga di daerah lokal,” jelas Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini.

Di Makassar, terdapat 10 finalis mengikuti City Pitch. Kesepuluh finalis tersebut adalah DarahKita, Seanesia, Angkot, Blod.id, GoGarden, PasarBumi, KlikBelajar, DapurTani, CakapCakap, dan Booktron.

Sepuluh finalis yang lolos ke tahap berikutnya harus melakukan pitching dihadapan tiga juri yang beranggotakan CEO Wahyoo Peter Shearer, CEO Kata.ai Irzan Raditya, dan The NextDev Lead Project Manager Steve Saerang.

Dari hasil pitching yang dilakukan, terpilih dua pemenang The NextDev Talent Scouting Makassar yakni Blod.id dan DapurTani. Kedua pemenang ini berhasil lolos untuk melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu National Stage Pitch di The NextDev Summit 2019.

DapurTani adalah platform e-commerce produk pertanian. Sementara Blod.id bergerak sebagai aplikasi penghubung relawan donor darah dengan pasien yang membutuhkan. Pada National Stage Pitch, keduanya akan berkumpul bersama 30 startup terbaik dari sembilan kota.

30 startup tersebut akan memeroleh pengembangan startup berupa 5G, yaitu Grant Money (dana pengembangan untuk best of the best), Good Opportunities (kesempatan memikat investor dan memperluas manfaat), Great Mentors (menemui ahli startup dan menggali insight baru), Generate Exposures (kesempatan go international dan publikasi media), dan Golden Ticket to The NextDev Academy (tiket untuk ikut program pengembangan early stage startup komprehensif).