Enam Langkah Ini Membantu Pendiri Startup Mengatur Usahanya di Tengah Jadwal Padat


Published 16 Sep 2019 5:05

Membangun sebuah usaha terkadang menjadi pilihan seseorang dalam bekerja. Tak jarang membangun startup digital menjadi solusinya. Namun yang perlu diketahui oleh para pendiri startup adalah ia harus bisa mengelola proyek, memenuhi ekspektasi klien dan karyawan, hingga mengatasi masalah keuangan.

Pemilik perusahaan atau startup pun dituntut untuk berpikir agar produk atau layanan mereka tidak sama dengan yang lain. Tetapi di sisi lain pendiri startup ini juga harus mengerjakan tugas sehari-hari mereka. Maka dari itu startup harus lebih efisien jika ingin berkembang.

Menyikapi hal tersebut, berikut  enam poin penting bagi pemilik startup untuk mengatur usahanya dj tengah jadwal yang padat yang dikutip dari laman techrepublic.com:

Menetapkan standar manajemen proyek

Untuk menumbuhkan startup, maka standar manajemen proyek yang diadopsi juga harus dipastikan telah mapan. Untuk urusan ini, Project Management Body of Knowledge (PMBOK) dapat membantu startup untuk menetapkan standar tinggi bagi standar manajemen proyek.

Tetapkan harapan klien yang realistis

Untuk memenuhi harapan klien maka memahami kebutuhan mereka menjadi hal yang penting. Memiliki komunikasi yang efektif, berkelanjutan, serta menetapkan harapan yang realistis juga tidak kalah pentingnya.

Buat dokumentasi proses

Memiliki dokumentasi tertulis untuk proses-proses tersebut memberikan semua karyawan standar yang mereka harus ikuti, menghilangkan inkonsistensi, dan mengurangi kesalahan serta kebingungan. Ketika dokumentasi proses tersedia maka akan menciptakan efisiensi dan mengurangi kebutuhan untuk pelatihan yang berlebihan.

Alat berbasis web yang tepat

Sangat tidak mungkin jika startup tidak memerlukan alat untuk mengelola pekerjaan sehari-hari. Jika startup memiliki anggaran yang tidak terlalu banyak untuk penyediaan alat ini maka web gratis bisa dijadikan opsi.

Identifikasi peluang untuk belajar dari kemunduran

Kemunduran merupakan sebuah kewajaran dalam berbisnis, tak terkecuali startup. Maka jadikan kemunduran tersebut sebagai batu loncatan untuk melangkah lebih jauh ke depan. Selain itu, penting untuk mendokumentasikan kesalahan dan melibatkan orang-orang yang relevan untuk mengidentifikasi solusi terbaik ke depan.

Berpikiran terbuka terhadap ide dan perubahan baru

Sama pentingnya dengan poin-poin sebelumnya. Untuk mengimplementasikan poin ke kehidupan sehari-hari, menanyakan mengenai ide baru kepada teman atau memnta saran kepada tim janganlah dihindari. Bersiaplah untuk menolak sebuah ide jika lebih banyak kerugian dari pada manfaatnya.