Terbilang Sederhana Namun Sembilan Cara Ini Bisa Menyelamatkan Startup Pada Tahun Pertama


Published 23 Sep 2019 4:33

Menjalankan sebuah bisnis memang tidak semudah yang dibayangkan. Halang rintang selalu menanti para pelaku bisnis. Pun begitu saat membesarkan sebuah startup. Ide yang kurang dapat diterima hingga negosiasi dengan klien yang berjalan rumit merupakan segilintir contoh rintangan yang akan dihadapi.Meski begitu, banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa melalui rintangan tersebut dengan mudah.
Dilansir dari smallbiztrends.com, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir atau menghadapi rintangan-rintangan yang akan datang sekaligus memajukan bisnis.
Pertama, soal kas perusahaan. Anda dapat mengambil langkah untuk mengatur arus kas yang efektif. Permasalahan terkait uang dan pendanaan tampaknya tidak bisa dihindarkan dari pengusaha, termasuk pendiri startup. Untuk menghindari masalah ini, sebaiknya dari awal berbisnis, pengelolaan uang diatur sedemikian rupa agar dapat terhindar dari masalah potensial di tahun awal berbisnis.
Kedua, memanfaatkan email sebagai sarana pemasaran. Tanpa disadari di era digital ini, email adalah salah satu sarana pemasaran terpenting yang bisa diakses sejak usaha masih terbilang kecil. Menurut smallbiztrends.com, teknologi ini dapat membuat dampak besar pada jangkauan bisnis serta keberhasilan kampanye bisnis seseorang.
Ketiga, menetapkan tujuan untuk tahun pertama bisnis. Saat seseorang terjun ke dunia bisnis, tidak mungkin orang tersebut tidak memiliki tujuan. ke depannya. Sehubungan dengan hal tersebut, memiliki tolok ukur juga menjadi sangat penting agar bisnis lebih terarah. Selain itu, strategi pemasaran dengan membuat tautan juga bisa dicoba. Hampir semua orang bergantung pada internet, maka membuat tautan sangat penting untuk memaksimalkan situs bisnis di mesin pencari.
Kelima yang tak kalah penting adalah memanfaatkan fotografi di media sosial. Saat ini platform berbagi foto seperti Instagram cukup digemari. Media sosial seperti Instagram dan yang lainnya saat ini sering dijadikan sebagai alat untuk mempromosikan suatu produk. Dengan foto yang apik dan dipadukan dengan promosi yang tepat maka bisa saja seseorang tertarik dengan produk yang ditawarkan.
Keenam, meningkatkan produktivitas menggunakan teknologi. Di zaman yang serba canggih ini teknologi seakan seperti pisau. Jika digunakan dengan benar maka teknologi bisa mendatangkan banyak keuntungan, pun sebaliknya. Ketujuh adalah meningkatkan keterampilan berpikir kritis.Menjalankan bisnis membutuhkan banyak pemecahan masalah yang kreatif. Dengan itu, maka pemikiran kritis diperlukan untuk terjun ke masalah tersebut.
Kedelapan, mengurangi biaya untuk bisnis kecil. Bisnis kecil atau bisnis baru biasanya tidak memiliki cukup uang untuk bekerja, maka dari itu sangat disarankan bagi pelaku bisnis agar menjaga pengeluaran serendah mungkin.
Kesembilan, manfaatkan alat desain web gratis. Cara terakhir ini berkaitan dengan poin sebelumnya. Dengan menggunakan alat desain web gratis maka secara otomatis pengeluaran akan semakin sedikit.