Enam Tips Mengelola Startup dengan Jadwal yang Padat


Published 31 Okt 2019 8:07

Saat ini pertumbuhan startup makin pesat, hal ini disebabkan oleh berbagai macam hal salah satunya adalah kemajuan teknologi. Namun teknologi bukan lah menjadi satu-satunya hal yang bisa membantu pengusaha membangun startup. Ada hal lain yang juga memiliki peran penting yaitu ide. Banyak orang yang memiliki ide cemerlang dan diwujudkan dengan membangun startup, tapi tak jarang usaha tersebut gagal.


Untuk itu, para pemilik startup juga membutuhkan pola kerja yang efisien. Dilansir dari techrepublic.com, ada enam tips yang mungkin berguna untuk para pemilik startup agar dapat terus berkembang di tengah jadwal yang padat, antara lain:


Mengatur standar proyek manajemen
Cara terbaik untuk mengembangkan startup adalah dengan mengadaptasi standar proyek manajemen. Dengan menggunakan standar proyek manajemen akan terlihat cara terbaik untuk mengidentifikasi dan menemukan persyaratan bisnis, pengoptimalisasian sumber daya, dan meningkatkan peluang untuk mencapai tujuan.

Mengatur ekspektasi klien yang realistis
Sebagai pemimpin perusahaan Anda harus mengatur ekspektasi klien dengan realistis. Untuk mengatur ekspektasi klien, Anda harus mengerti kebutuhan mereka, menciptakan komunikasi yang efektif, dan menentukan bagaimana cara Anda mewujudkan apa yang diinginkan klien.

Buat dokumentasi
Proses dokumentasi tidak bisa dipandang sebelah mata, terlebih jika Anda baru mendirikan startup. Dengan membuat dokumentasi maka Anda bisa membuat kinerja startup lebih efisien serta mampu mengurangi pelatihan yang berlebihan.

Gunakan alat yang cocok
Dunia startup identik dengan teknologi. Maka dari itu, Anda harus memilih teknologi yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda. Teknologi yang sering digunakan startup ialah website. Namun ada kalanya website sangat mahal harganya. Solusinya, Anda bisa menggunakan website yang disediakan secara gratis. Berawal dari hal tersebut Anda bisa terus mengembangkan startup Anda hingga bisa membeli ‘alat’ yang lebih mahal.

Identifikasi peluang dari kegagalan
Kemunduran atau kegagalan dalam dunia bisnis merupakan hal yang biasa dan bisa kapan saja terjadi. Oleh karena itu, Anda harus memikirkan tentang hal ini. Untuk menghindari hal-hal seperti ini Anda bisa mencatat tentang kesalahan tersebut. Lalu, Anda bisa mencari orang yang tepat untuk dimintai solusi atau jalan keluar.

Berpikiran terbuka terhadap ide baru dan perubahan
Sebagai pemimpin perusahaan Anda dituntut untuk memiliki pemikiran terbuka. Jika Anda memiliki ide baru maka sebaiknya diskusikan dengan tim Anda atau orang yang Anda percaya. Di samping itu Anda juga harus siap menerima masukan dari orang lain dan siap untuk menghapus ide yang memiliki lebih banyak kerugiannya.