Kiat Sukses Ala Miliarder


Published 21 Okt 2019 9:54

Rumus Kesuksesan Warren Buffet dan Bill Gates Ternyata Sederhana
“Dalam dunia bisnis, orang-orang yang paling sukses adalah mereka yang melakukan apa yang mereka sukai,” kata Oracle of Omaha/Warren Buffet. Mungkin pendapat ini sering terlontar dari mulut-mulut orang sukses yang mengisi seminar. Pendapat ini tidak sepenuhnya salah karena dengan melakukan apa yang seseorang sukai akan membawa mereka ke perasaan senang dan bahagia yang dapat menuntun mereka ke jalan kesuksesan.
Dilansir dari inc.com, Oracle of Omaha menguraikan lebih lanjut bahwa gairah merupakan hal yang lebih penting dari pada kecerdasan. Menjadi sukses di satu atau banyak bidang itu karena orang tersebut memiliki hasrat di bidang tersebut. Namun apakah praktiknya semudah ocehan para miliader?

Lakukan demi cinta, bukan uang
Salah seorang miliader, Buffett, mengatakan “saya selalu bekerja dalam pekerjaan yang saya sukai. Saya sangat mencintai pekerjaan ini layaknya menghadapi proyek ribuan dollar.”
Selain Buffett, Bill Gates, pun mengungkapkan hal yang sama: “Saya berusia 13 tahun ketika saya jatuh cinta pada pemrograman. Dan, sekolah saya menjadi salah satu yang pertama di negara ini yang mendapatkan komputer. Mesin itu besar dan lambat, dan bahkan saya tidak mempunyai layar, tapi saya ketagihan.”
Dari dua orang miliader ini dapat diambil kesimpulan bahwa dengan melakukan sesuatu yang kita cinta maka akan ada berbagai keuntungan yang datang. Melakukan dengan cinta juga akan membawa seseorang untuk lebih tekun menjalaninya. Oleh karena itu, prioritaskanlah cinta di atas uang.

Bersiaplah untuk berkorban
Pengorbanan memang dibutuhkan ketika seseorang ingin memperjuangkan sesuatu. Sama halnya dengan yang dialami oleh Steve Jobs. Steve Jobs berbicara di sebuah pidato di Stanford’s Class pada tahun 2005: “Hal itu sangat menakutkan pada saat itu, tetapi melihat ke belakang itu adalah salah satu keputusan terbaik yang pernah saya buat. Saat saya keluar saya bisa berhenti mengambil kelas yang diperlukan yang tidak menarik minat saya, dan mulai mengunjungi kelas yang tampak menarik.”
Pengorbanan juga pernah dilakukan Jobs ketika melanjutkan penemuan Apple. Pada awalnya semua tidak berjalan baik dan Jobs diusir dari perusahaannya. Namun kini Apple menjadi merek gawai yang digemari banyak orang. Ada hasrat yang membuat Jobs kembali bangkit dan ini terjadi karena ia cinta dengan apa yang ia kerjakan. Lebih lanjut Jobs mengatakan: “Jika Anda belum menemukanya, teruslah mencari. Jangan puas. Anda akan tahu kapan Anda menemukannya.”