Lima Tips Ciptakan Lingkungan Kerja yang Menyenangkan


Published 11 Des 2019 15:48

Lingkungan kerja yang menyenangkan sangatlah penting untuk karyawan. Bahkan tidak jarang menjadi salah satu penentu dalam bagus atau tidaknya kinerja mereka. Belum lagi, suasana kerja yang menyenangkan dapat menjaga loyalitas para pekerja. Lantas bagaimana caranya membangun lingkungan kerja yang menyenangkan?

1. Membangun komunikasi yang baik

Komunikasi yang baik adalah dasar dari sebuah kerja sama. Bagaimana sebuah tim dapat bekerja sama dengan baik, jika tidak ada komunikasi di antara para anggota. Jika komunikasi baik sudah tercipta, maka antarrekan kerja akan seperti sahabat.

Kondisi atasan mampu menerima masukan dari stafnya dan sebaliknya staf dengan lapang dada menerima setiap kritik yang membangun dari atasannya akan tercipta. Kalau komunikasi yang baik sudah terjalin, maka akan tercipta keharmonisan. Kalau sudah harmonis, target atau rintangan apa pun bisa diatasi dengan baik oleh tim.

2. Merancang tempat kerja yang nyaman

Bagus tidaknya hasil kerja seorang karyawan terkadang ditentukan apakah ia nyaman dengan tempat kerjanya. Selaku tim human resource, berikanlah kebebasan karyawan untuk menata meja kerja dan ruangannya sendiri. Mungkin karyawan akan membawa poster penyanyi idola atau membawa pot bunga mungil untuk memompa semangatnya dalam bekerja.

Biarkan juga karyawan mendengarkan musik, selama tidak mengganggu karyawan lainnya. Tentunya untuk beberapa bidang industri kerja hal tersebut mungkin tidak bisa dilakukan. Namun untuk industri lain, misalnya industri kreatif, hal tersebut mudah untuk dilakukan. Coba saja terapkan, dan buktikan apakah kinerja karyawan meningkat.

3. Dukungan dari pihak manajemen

Kenyamanan kerja para karyawan harus pula didukung oleh pihak manajemen. Hal ini berkaitan dengan peraturan kerja dan kesejahteraan bagi karyawan. Caranya dengan memberikan semua fasilitas yang telah dijanjikan pada karyawan. Misal, jika pada kesepakatan semula pihak manajemen berjanji memberikan tunjangan komunikasi, maka berikanlah. Jika pada kesepakatan awal, ada rewards bagi yang bekerja melampaui target perusahaan, maka tunaikanlah rewards tersebut.

4. Lingkungan kerja yang berorientasi pada hasil

Di dalam lingkungan kerja yang berorientasi pada hasil, karyawan bebas melakukan apa pun sepanjang ia memenuhi target sesuai tenggat waktu yang ditentukan perusahaan. Jadi, sekali-kali bebaskanlah karyawan untuk keluar saat jam kerja. Hal itu mungkin bermanfaat untuk mengurangi kepenatan bekerja. Bisa juga siapkan sofa atau tempat tidur untuk karyawan beristirahat tidur siang sebentar atau juga untuk beristirahat ketika sampai larut malam mengerjakan deadline.

Cara yang lain misalnya, sekali-kali mengadakan meeting di luar kantor. Bisa di kafe atau restoran, sebagai penyegaran. Mungkin dengan begitu, ide-ide baru nan segar akan bermunculan.

5. Ciptakan kebersamaan

Terakhir, ciptakanlah kebersamaan dalam perusahaan sebagai sebuah tim. Banyak hal yang dapat dilakukan. Misalnya dengan mengadakan office gathering atau team building. Perusahaan besar tentunya sudah memiliki anggaran tersendiri untuk itu. Namun tidak ada salahnya bila memilih tempat yang tidak begitu jauh supaya menghemat pengeluaran. Hal paling sederhana yang bisa dilakukan adalah mengadakan acara makan siang bersama. Ataupun juga mengadakan pesta kejutan sederhana bagi karyawan yang sedang berulang tahun. Demikian tadi empat tips untuk membangun suasana kerja yang nyaman. Kalau diikuti, karyawan akan bahagia dan manajemen pun akan senang karena kinerja meningkat.