Tiga Tips Sederhana Ini Bantu Anda Tingkatkan Produktivitas Kerja


Published 11 Des 2019 15:38

Berbicara tentang bisnis sukses maka erat kaitannya dengan produktivitas yang tinggi. Produktivitas tinggi sangat diperlukan startup yang ingin berkembang. Dengan produktivitas yang tinggi potensi meraup omzet yang lebih tinggi pun semakin besar.

Namun, meningkatkan produktivitas di lingkungan kerja bukan lah hal mudah. Di samping perusahaan Anda harus meluncurkan produk, membuat investor terkesan, mewujudkan keinginan klien, Anda juga harus sadar bahwa ada hal lain yang harus diperhatikan. Hal tersebut seperti tekanan yang terus bertambah, dan juga tugas-tugas yang selalu harus Anda selesaikan dengan cepat setiap harinya.

Dilansir dari e27.co ada tiga cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan produktifitas yang tinggi.

  1. Tetapkan tujuan

Menetapkan tujuan mungkin akan terdengar seperti hal kecil. Namun kenyataannya hal yang dianggap remeh ini justru bisa memberi dampak besar terhadap perusahaan Anda. Dengan menginvestasikan waktu, Anda menetapkan agenda, mengimplementasikan agenda tersebut, dan menilai apakah semuanya berjalan ke arah yang benar. Tetapkanlah tujuan jangka panjang perusahaan agar saat Anda menghadapi sebuah masalah Anda segera menemukan jalan keluar.

2. Pertimbangkan kembali cara Anda menggunakan waktu

Tips kedua dalam meningkatkan produktivitas adalah mempertimbangkan waktu yang Anda gunakan. Dengan mengaplikasikan tips kedua ini, Anda akan menjadi benar-benar tau ke mana perginya waktu Anda. Selain itu, Anda bisa memberikan prioritas kepada kegiatan yang lebih penting yang membawa dampak yang lebih besar.

3. Alokasikan waktu dan sumber daya pada pengembangan strategi

Produktivitas adalah masalah mengatur diri sendiri untuk mencapai tolok ukur dan tonggak kualitatif, di luar kuantitas. Oleh karena itu Anda dituntut untuk mengalokasikan waktu dan sumber daya untuk mencari tahu apa yang berhasil dicapai dan apa yang tidak berfungsi, itulah kunci produktivitas. Untuk mengetahui apakah Anda sudah megalokasikan waktu dan sumber daya dengan tepat adalah dengan melihat seberapa dekat Anda dengan tujuan yang telah Anda tetapkan untuk beberapa tahun ke depan.