5 Cara Menjadi Rekan Kerja yang Supportive


Published 10 Mar 2020 4:07

Kantor bisa dikatakan rumah kedua. Lebih dari 8 jam Anda habiskan di kantor. Hal ini
bisa membuat Anda senang namun juga kadang membosankan atau bahkan stres jika
sedang dikejar oleh deadline. Sikap dan interaksi Anda pada rekan kerja yang lain
menjadi salah satu faktor penting untuk menjaga suasana di kantor. Selain menjadi
bertemu setiap hari, teman di lingkungan kantor juga penting dalam cara kamu bekerja.
Berikut cara agar Anda menjadi rekan kerja yang baik agar dapat saling mendukung
satu sama lain:

  1. Tidak Membedakan Rekan Kerja
    Ketika bekerja Anda dianjurkan bersikap secara professional. Pastikan tidak ada perbedaan perilaku Anda kepada rekan kerja satu dan yang lainnya. Di kantor, semua karyawan akan bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing.
  2. Hargai Pendapat Rekan Kerja
    Di dalam sebuah diskusi pasti akan terjadi perbedaan pendapat satu sama lain.
    Untuk membangun lingkup kerja yang sehat dan supportive, Anda harus dapat
    saling menghargai pendapat yang diutarakan tanpa melihat posisi jabatan.
    Ingat, yang terpenting adalah isi dari sebuah pendapat itu sendiri.
  3. Berikan Semangat di Segala Situasi
    Setiap karyawan di kantor mungkin akan mengalami situasi kerja yang berbeda.
    Jika ada rekan kerja Anda yang sedang menang project, berikan pujian dan
    selamat. Sebaliknya, jika ada rekan kerja yang sedang mengalami kegagalan
    atau melakukan kesalahan, berikan semangat dan Anda dapat menasehati
    bahwa hal tersebut akan menjadi pembelajaran. Support system pada
    lingkungan kerja akan membuat lebih hangat dan kompak.
  4. Belajar dan Berkembang Bersama
    Suasana kantor yang positif dan sehat adalah kompetensi yang tumbuh tanpa harus saling menjatuhkan satu sama yang lain. Ketika Anda dan rekan kerja yang lain memiliki kelebihan yang berbeda, hal itu seharusnya digunakan untuk membantu satu sama lain. Anda dapat saling mengingatkan agar dapat bekerja lebih baik.
  5. Ikut Outing atau Gathering Kantor
    Salah satu cara membangun suasan kekeluargaan di kantor adalah dengan mengadakan kegiatan outing atau gathering. Anda dan rekan kerja lainnya akan melewatkan waktu bersama tanpa pekerjaan dan mulai membangun hubungan solidaritas sehingga nantinya lingkungan kerja akan semakin berkualitas.