Perbaiki Kinerja Karyawan dengan Pelatihan dan Arahan yang Tepat


Published 10 Mar 2020 4:30

Ketika kinerja karyawan di bawah standar perlu diadakan evaluasi yang harus
dilakukan. Atasan harus memberikan umpan balik secara positif agar karyawan dapat
menerima dengan lebih baik dan memperbaiki kinerjanya. Atasan bisa memberikan
pembinaan dan arahan yang tepat terhadap karyawan. Pembinaan atau coaching
penting untuk mengasah keterampilan. Sedangkan mengarahkan atau directing penting
untuk memberitahukan hal yang seharusnya dilakukan oleh karyawan.

Kapan atasan harus memberikan pelatihan atau arahan? Jika melihat karyawan yang
sedang mencoba tantangan baru atau menimbang keputusan penting, itu saatnya
atasan memberikan pelatihan. Karyawan akan mencoba keterampilan yang diberikan
atasan untuk menyelesaikan masalahnya. Tetapi jika permasalahannya mengenai hal
yang pasti seperti menyangkut peraturan perusahaa, lebih baik memberi tahu karyawan
tersebut tentang apa yang harus dilakukan atau mengarahkannya.

Memberikan pelatihan keterampilan ketika karyawan sedang:
-Mencoba mengerjakan tugas dengan tantangan baru
-Menimbang keputusan penting
-Mengalami perbedaan pendapat dengan rekan kerja atau klien

Memberikan arahan ketika karyawan sedang:
-Membutuhkan instruksi khusus
-Perlu panduan tentang proses teknis perusahaan
-Harus melakukan atau mengubah keputusan dengan cepat

Karyawan yang mendapat solusi tepat dalam menangani masalahnya akan perlahan
memperbaiki kinerja secara positif. Pastikan Anda sebagai atasan dapat memberikan
pelatihan dan arahan secara benar.